Bayi akan terus menangis sebagai cara komunikasi dengan orang tuanya. Lalu, bagaimana jika terjadi kolik pada bayi? Tips mengatasi kolik pada bayi bisa Anda simak di bawah ini.

Inilah Tips Mengatasi Kolik Pada Bayi

Kolik merupakan suatu keadaan ketika bayi terus menerus menangis tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini tentu saja bukan sebuah penyakit, tapi keadaan yang lumrah terjadi.

Namun, jika bayi terus menangis tanpa henti, kondisi ini juga tidak boleh dibiarkan. Bayi dengan kolik sering menangis lebih dari 3 jam sehari, 3 hari seminggu atau selama 3 minggu hingga lebih.

DIDUKUNG OLEH:

Kolik pada bayi biasanya terjadi paling parah saat bayi berusia 6-8 minggu. Adapun tanda-tanda bayi yang kolik ialah:

– Menangis di waktu yang sama atau sudah terprediksi
– Menangis tanpa alasan yang jelas
– Menangis intens dan tidak dapat diredakan
– Perubahan postur tubuh

Peneliti asal Swedia mengatakan bahwa akupuntur bisa dijadikan sebagai cara alternatif untuk mengatasi kolik. Dalam laporan di British Medical Journal, mereka mengatakan bahwa bayi yang mendapatkan terapi akupuntur memiliki pengurangan menangis secara signifikan.

Sehingga, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa akupuntur efektif untuk mengurangi kolik pada bayi. Namun, hal ini masih menimbulkan pro dan kontra. Terlebih lagi penggunaan akupuntur pada bayi disebut “mengerikan”.

Jadi, jika Anda ingin mencoba terapi akupuntur pada bayi untuk atasi kolik, Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada terapis ahli agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Walaupun sebenarnya, akupuntur memang memiliki efek yang bisa membuat tubuh menjadi rileks dan otomatis membuat diri menjadi tenang. Efek tersebut juga bisa dirasakan oleh bayi yang melakukan terapi.

Selain melakukan terapi akupuntur, Anda juga bisa melakukan cara lain untuk mengatasi kolik pada bayi, yaitu:

BACA JUGA  Melakukan Pijat Refleksi Untuk Mengobati Demam Tubuh

– Menggosok lembut perut bayi dengan minyak peppermint
– Memberikan jus jeruk pada bayi
– Menggunakan jus wortel
– Mandi air hangat
– Mengompres perut bayi dengan air hangat

Tips mengatasi kolik pada bayi di atas bisa Anda coba jika bayi terus rewel dan menangis tiada henti. Jika berminat melakukan terapi akupuntur, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.