Mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan berbagai cara. Saat gejala ini muncul, perut terasa sangat tidak nyaman dan menganggu aktivitas. Tanda-tanda seperti merasa perut terisi banyak gas, kerap kentut dalam jangka waktu dekat hingga perut yang terasa tidak nyaman menjadi pertanda perut kembung. Penderita akan merasa tidak nyaman ketika melakukan aktivitas apapun. Mereka akan tidak betah ketika sedang duduk, ataupun tiduran seperti biasa.

DIDUKUNG OLEH:

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Mudah

Makan Buah Pisang

Buah pisang memiliki banyak kandungan serat di dalamnya. Kandungan ini berguna untuk menjaga fungsi pencernaan agar bekerja secara maksimal. Memakan buah pisang akan mengurangi rasa kembung pada perut. Namun buah ini tidak hanya cocok untuk dikonsumsi saat terjadi masalah pada pencernaan saja.

Lakukan Pemijatan Pada Perut

Perut kembung memang akan sedikit lebih nyaman jika dipijat. Agar lebih maksimal, gunakan minyak kayu putih agar memberikan sensasi hangat pada perut. Sehingga gas yang ada dalam perut akan lebih mudah untuk keluar. Anda bisa menggunakan jasa pijat ataupun menyuruh orang yang ada di dalam rumah untuk membantu.

Minum Air Perasan Lemon

Selain buah pisang, lemon juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Anda bisa memanfaatkan perasan buah ini untuk mengatasi perut kembung. Gunakan campuran air hangat agar perut terasa lebih nyaman. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Minum Teh Jahe

Salah satu cara meredakan perut kembung adalah dengan meminum minuman yang hangat. Anda bisa meminum teh jahe dalam kondisi masih hangat, perasaan nyaman benar-benar akan Anda rasakan setelah meminumnya. Efek hangat yang timbul dari jahe akan membuat perut kembung membaik.

Mencoba Untuk Kentut

Penderita perut kembung kerap merasakan keberadaan gas di dalam perut yang banyak. Untuk mengatasi hal ini, coba untuk kentut sesering mungkin. Semakin banyak kentut, perut akan terasa lebih nyaman. Ini bisa dilakukan jika Anda tidak bisa melakukan cara-cara penyembuhan di atas. Tapi jangan khawatir, cara ini cukup efektif meski tanpa bahan apapun.