Pernahkan Anda merasakan rasa panas pada punggung ? Gejala ini memang seringkali menganggu aktivitas sehari-hari. Munculnya gejala ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti asam lambung yang naik, saraf terjepit, kulit terpapar matahari langsung dan yang lainnya. Gejala ini kerap dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal jika dibiarkan bisa menjadi penyakit serius. Ketahui dahulu penyebab punggung terasa panas dengan mengecek secara langsung ke dokter khusus. Sehingga penanganan yang akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

DIDUKUNG OLEH:

Cara Mengatasi Gejala Rasa Panas Pada Punggung

Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup menjadi solusi yang bisa dijalankan untuk mengatasi punggung yang terasa panas. Hindari kebiasaan tidur yang tidak teratur karena bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Istirahat bisa dilakukan dengan cara berbaring terlentang sehingga otot punggung menjadi rileks. Namun durasi istirahat tidak boleh terlalu lama karena bisa berakibat aliran darah pada punggung kurang normal. Buat tubuh senyaman mungkin saat istirahat untuk membantu memulihkan kondisi punggung. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Membuat Punggung Lembab

Memberikan sensasi lembab pada punggung juga akan membantu mengurangi rasa panas di punggung. Ini bisa dilakukan jika penyebab gejala ini karena kulit terpapar sinar matahari langsung sampai terbakar. Gunakan krim pelembab khusus yang bisa didapatkan di apotek atau dokter langsung. Jika tidak ingin repot, Anda bisa merendam tubuh pada air dingin.

Kompres Dengan Es Batu

Cara ini sebenarnya mirip dengan cara ke dua, namun kali ini menggunakan media es batu. Rasa dingin pada es batu dapat membuat panas pada punggung mereda. Kompres selama minimal 10 menit untuk mendapatkan hasil yang baik. Namun jika tidak kuat dengan rasa dingin, lakuan cara ini secara perlahan.

Obati Asam Lambung

Rasa panas di punggung bisa disebabkan oleh asam lambung. Oleh karena itu, coba untuk melakukan penanganan penyakit asam lambung yang naik. Anda bisa berkonsultasi ke dokter secara langsung atau mengkonsumsi obat khusus yang bisa didapatkan di apotek terdekat.