Tips Mengatasi Tarif Iuran BPJS Kesehatan 2020 Mahal

Saat ini iuran BPJS Kesehatan 2020 resmi mengalami kenaikan tarif. Banyak pengguna yang merasa kecewa dengan keputusan ini. Sebagian dari mereka memang keberatan mengingat kenaikan tarifnya cukup tinggi. Semua kategori pengguna mengalami kenaikan sehingga semua pengguna BPJS Kesehatan merasakan hal ini. Keputusan ini sudah tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan sehingga sudah resmi.

Daftar Perubahan Tarif BPJS Kesehatan 2020

Dari tiga kelas BPJS Kesehatan yang ada, semua mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Berikut adalah rincian kenaikan tarif bagi Peserta Bukan Penerima Upah atau Peserta Mandiri.

Kelas 1 yang tarif awalnya Rp. 80.000 berubah menjadi Rp. 160.000 untuk perjiwanya. Kelas 2 yang tarif awalnya Rp. 51.000 berubah menjadi Rp. 110.000 untuk perjiwanya. Kelas 1 yang tarif awalnya Rp. 25.500 berubah menjadi Rp. 42.000 untuk per jiwanya.

Biaya tersebut harus dibayarkan oleh peserta setiap bulannya. Jika diperhatikan, kenaikan tarif ini memang cukup tinggi. Tidak sedikit peserta yang akhirnya mengundurkan diri atau turun kelas untuk meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan perbulannya.

Tips Meminimalkan Biaya Iuran BPJS Kesehatan 2020

Cara terbaik untuk meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan untuk BPJS Kesehatan ialah dengan turun kelas. Karena memang keputusan dari pemerintah sudah final, sehingga tarif tetap akan mengalami kenaikan. Untuk turun kelas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Peserta bisa menggunakan cara yang memang dianggap paling mudah.

Menggunakan aplikasi mobile JKN, cara ini dianggap mudah dilakukan. Peserta hanya perlu melakukan pengubahan data melalui aplikasi tersebut.

Menggunakan layanan Care Center, pihak BPJS Kesehatan menyediakan layanan ini secara gratis. Peserta bisa menghubungi nomor 1500-400 untuk meminta perubahan kelas.

BACA JUGA  Apakah Akupuntur Untuk Jerawat Benar Berfungsi ?

Melalui Mobile Customer Service (MCS), peserta nantinya harus mengunjungi MSC di waktu yang sudah ditentukan untuk mengisi Formulis Daftar Isian Peserta, kemudian akan dibantu oleh petugas terkait.

Melalui Mall Pelayanan Publik, jika ingin lebih mudah bisa langsung mengubah kelas BPJS Kesehatan di Mall Pelayanan Publik.

Melalui Kantor Cabang, petugas di kantor cabang akan senantiasa membantu peserta yang ingin menurunkan kelasnya.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...