Sakit tenggorokan bisa menyebabkan tenggorokan terasa gatal, nyeri, dan suara menjadi serak karena masalah ini. Tips mengobati sakit tenggorokan di bawah ini bisa Anda coba di rumah dan aman dilakukan.

Tips Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit di tenggorokan disebabkan karena adanya infeksi bakteri, virus, alergi, udara yang kering dan sebagainya. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa sulitnya menelan makanan, tenggorokan terasa getal, demam hingga mual dan muntah.

Umumnya sakit tenggorokan bisa diatasi hanya dengan berkumur air garam, banyak minum air hangat dan bisa juga mengkonsumsi obat pereda nyeri. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk mengobati masalah sakit tenggorokan, yaitu:

DIDUKUNG OLEH:

– Akupuntur

Pengobatan asal Cina ini sudah dipercaya sejak lama untuk mengobati penyakit. Menurut ahli akupuntur, titik di area tangan bisa memberikan rasa lega di tenggorokan.

– Madu

Madu diklaim efektif untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat dan meminumnya sebanyak 3 kali sehari. Jangan berikan madu pada anak di bawah 1 tahun.

– Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Parasetamol, aspirin, ibuprofen merupakan obat pereda nyeri dan juga untuk mengatasi demam. Namun, obat aspirin tidak boleh diberikan pada anak-anak karena akan menimbulkan efek samping.

– Mengkompres air hangat

Gunakan bantal penghangat dan letakkan di leher. Lakukan cara ini pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Gunakan cara ini secara berulang sampai nyeri mereda.

– Permen pelega tenggorokan

Mengkonsumsi permen jenis ini bisa meningkatkan produksi air liur dan tenggorokan kering akan terlumasi. Semprotan untuk tenggorokan yang mengandung bahan pendingin juga bisa berguna.

– Air garam

Anda bisa melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu berkumurlah selama beberapa detik dan ulangi sampai larutan tersebut habis. Hal ini terbukti ampuh untuk redakan sakit tenggorokan.

BACA JUGA  Inilah Manfaat Obat Herbal Untuk Kesehatan Tubuh

– Teh herbal

Beberapa jenis teh herbal bisa digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan, seperti teh jahe, teh chamomile, teh peppermint dan teh kunyit. Minum teh herbal secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cara di atas bisa Anda coba untuk meredakan nyeri tenggorokan, sebelum menggunakan obat, alangkah lebih baik untuk mencoba hal sederhana seperti di atas untuk mengobatinya.