Menjaga kesehatan reproduksi menjadi hal yang harus dilakukan setiap saat. Karena secara umum, kesehatan reproduksi berpengaruh terhadap rencana kehamilan. Setiap pasangan suami istri tentu berharap untuk segera memiliki momongan. Pada pria dan wanita, sistem reproduksinya jelas memiliki perbedaan. Seorang pria memiliki penis, tesis dan juga buah zakar, sedangkan wanita memiliki vagina, rahim, ovarium, vulva dan tuba falopi. Semua orang tersebut harus dalam kondisi sehat agar bisa membuahkan kehamilan.

DIDUKUNG OLEH:

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita

Makan Makanan Yang Bergizi

Memakan makanan bergizi menjadi kunci akan kesehatan setiap bagian tubuh, tak terkecuali dengan sistem reproduksi. Seseorang harus setiap hari mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi tubuh akan terus terpenuhi. Selain menyehatkan tubuh, ini juga akan membuat kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Makanan yang bergizi dapat membuat kesehatan sel sperma dan sel telur tetap terjaga dengan baik. Untuk itu, terapkan pola makan yang sehat saat kondisi apapun.

Berhubungan Seks Dengan Cara Yang Aman

Hubungan seks menjadi aktivitas yang perlu untuk dilakukan pasangan suami istri. Tujuannya untuk membuat hubungan keduanya semakin harmonis. Namun ada hal yang harus diperhatikan saat berhubungan, disarankan untuk melakukan aktivitas tersebut dengan cara yang aman. Jika tidak memperhatikan, bukan tidak mungkin kesehatan reproduksi akan terganggu. mengunakan alat kontrasepsi yang aman menjadi salah satu cara untuk berhubungan seks yang aman.

Menjaga Kebersihan Alat Kelamin

Kesehatan reproduksi juga dipengaruhi oleh kebersihan dari alat kelamin pria dan wanita. Lakukan perawatan seperti membersihkan alat kelamin ketika selesai berhubungan, dengan ini tidak ada bakteri yang akan berkembang. Bersihkan area alat kelamin ketika mandi dengan menggunakan air bersih.

Tidak Merokok

Merokok bukan hanya kebiasaan yang kerap dilakukan oleh seorang pria. Tak jarang seorang wanita juga merokok dalam jangka waktu yang rutin. Kebiasaan ini jelas akan mengangu kesehatan tubuh, salah satunya sistem reproduksi. Coba untuk berhenti merokok jika memang sebelumnya menjadi perokok aktif.