Hamil di usia muda membuat seorang ibu hamil khawatir dengan kondisi kandungannya. Ini juga beresiko keadaan bayi akan lahir prematur dengan berat badan yang tidak normal. Mereka harus bisa menjaga kesehatan tubuh agar kandungan tetap terjaga dengan baik. Ibu hamil harus bisa tau apa saja kegiatan apa yang cocok untuk mereka, bagaimana menjaga agar dirinya dan kandungan dalam kondisi sehat.

DIDUKUNG OLEH:

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

Minum Air Yang Cukup

Saat usia masih muda, banyak kegiatan yang akan dilakukan. Apalagi dengan kondisi yang sedang mengandung, banyak stamina yang dibutuhkan untuk hal ini. Meminum air putih yang cukup membuat kebutuhan cairan dalam tubuh akan terpenuhi. Ini akan membuat kinerja tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Cairan ini juga berguna untuk mencegah dehidrasi, infeksi dan lain sebagainya.

Melakukan Olahraga

Hamil, bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga. Ada beberapa cara olahraga yang sesuai untuk ibu hamil seperti berjalan kaki, meditasi dan sebagainya. Dengan melakukan olahraga juga membuat berat badan tidak terlalu meningkat signifikan. Olahraga juga membuat Anda terhindar dari yang namanya nyeri pada punggung, badan pegal-pegal dan juga akan meningkatkan mood. Berolahraga 2 – 3 kali dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

Makan Makanan Bergizi

Ibu hamil yang masih berusia muda, kerap lalai dalam mengkonsumsi makanan. Mereka seharusnya bisa untuk memilah makanan yang cocok untuk tubuh agar nantinya bisa berguna untuk menjaga kesehatan. Beberapa zat yang diperlukan oleh ibu hamil diantaranya zat besi, kalori, protein, kalsium, vitamin dan masih banyak lagi. Makanan seperti sayuran, buah, susu, ikan hingga telur bisa menjadi santapan sehari-hari karena makanan tersebut memiliki banyak kandungan zat yang baik.

Perhatikan Gaya Hidup

Saat kondisi sedang mengandung, banyak ibu muda kerap bermalas-malasan. Kebiasaan untuk ngemil makanan ringan akan mulai tumbuh dari hal ini. Ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh yang sedang mengandung. Hindari juga kebiasaan meminum kopi, alkohol saat mengandung.