Akupresur merupakan suatu terapi pijatan yang berguna untuk meredakan rasa sakit dan mengatasi masalah tubuh lainnya. Titik akupresur untuk keseimbangan tersebar juga di beberapa area tubuh dan dapat dilakukan dengan menekan titik tersebut agar masalah yang dihadapi bisa teratasi. Berikut ini penjelasan mengenai titik akupresur untuk keseimbangan.

Penjelasan Titik Akupresur Keseimbangan

Titik akupresur keseimbangan merupakan titik yang berhubungan dalam menjaga keseimbangan dalam tubuh dan manfaat positif lainnya. Titik keseimbangan menurut ilmu tai chi terletak di pinggang bagian bawah yang disebut dengan titik ming men atau pintu kehidupan.

Titik ming men merupakan titik akupuntur ke-4 dari meridian Du yang digunakan untuk mengobati kaku pada punggung, impotensia, menstruasi tidak teratur, gangguan pencernaan dan diare. Titik ming men inilah yang harus dijaga saat beraktivitas dan dalam kondisi apapun.

DIDUKUNG OLEH:

Titik ming men berhubungan langsung dengan setiap kerangka pada tubuh tetap berada dalam keseimbangan dan berjalan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Jika titik ini bergeser, maka keseimbangan yang ada pada kerangka tulang akan terganggu.

Prinsip dalam menjaga titik keseimbangan ini bertujuan agar aliran energi dan pembuluh darah tidak tersumbat dan tubuh selalu berada dalam kondisi yang seimbang. Berikut ini cara untuk menjaga titik keseimbangan berdasarkan Master Tai Chi Yang Deng Fu, yaitu :

1. Kepala harus tegak lurus agar energi dan darah naik ke atas
2. Dada direndahkan dan punggung dinaikkan
3. Pinggang dikendurkan untuk menguatkan bagian kaki agar kuda-kuda stabil
4. Bisa membedakan antara yang “kosong” dan “isi” yang merupakan dasar pertama tai chi
5. Bahu direndahkan, siku dijatuhkan
6. Mengendurkan seluruh tubuh
7. Koordinasi antara bagian atas dan bawah
8. Menyelaraskan pikiran dan gerakan tubuh
9. Keberlanjutan tanpa adanya hambatan
10. Mencari ketenangan dalam gerakan

BACA JUGA  Kandungan Sabun Untuk Mengatasi Wajah Berminyak

Titik Akupresur Pada Tubuh

Terdapat dua titik akupresur yang berguna untuk tubuh dalam mencapai keseimbangannya, yaitu :

a. Bagian telapak kaki, satu pertiga dari jempol kaki
Menekan titik ini berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mengingat.

b. Bagian ujung alis paling luar
Menekan titik ini dapat meningkatkan konsentrasi dan menenangkan pikiran dan tubuh.

Nah, itulah titik akupresur keseimbangan yang ada di tubuh manusia dan dapat diterapkan saat melakukan terapi untuk mengatasi masalah yang ada pada tubuh.