Nyeri panggul bisa dialami oleh siapa saja, biasanya nyeri ini disebabkan karena adanya masalah jalur syaraf panggul yang memanjang sampai belakang kaki. Titik akupresur sakit panggul tersebar di area tubuh, titik-titik tersebut dapat meredakan sakit panggul dengan cara memijatnya dengan benar.

DIDUKUNG OLEH:

Penyebab Nyeri Panggul

Umumnya penyebab nyeri panggul berasal dari sendi yang menonjol yang menekan syaraf panggul. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena bergesernya piringan sendi dari posisinya atau karena pertumbuhan tulang yang tak wajar.

Penyebab lainnya ialah adanya penyempitan jalur syaraf pada tulang belakang bawah, sehingga cedera tersebut menyebabkan adanya infeksi pada tulang dan masalah syaraf sumsum tulang belakang. Namun, penyebab ini biasanya jarang terjadi.

Titik Akupresur Sakit Panggul

Sakit panggul bisa diatasi dengan melakukan pemijatan pada titik tertentu yang ada di area tubuh. Titik pijat tersebut yaitu :

a. Di bagian tengah punggung
b. Di samping bokong
c. Lekukan bagian belakang dengkul kaki
d. Bagian belakang betis
e. Samping kaki, di bawah tumit
f. Punggung kaki, di depan tumit

Setelah memahami titik akupresur sakit pinggul tersebut, Anda bisa memijat titik-titik tersebut sebagai alternatif pertama untuk mengatasi nyeri panggul. Pijatan yang dilakukan pada setiap titik biasanya dilakukan minimal 1 menit, dimulai dari titik pertama yaitu bagian tengah punggung, hingga terakhir.

Adapun cara pemijatannya, Anda bisa menggunakan jari dengan memutar searah jarum jam atau memijat konstan pada titik pijat. Untuk tahap awal, terapi dilakukan sebanyak 3 kali sehari dalam waktu 3 hari berturut-turut. Setelah itu, Anda bisa melakukan terapi selama 1 kali dalam sehari hingga sembuh.

Setelah melakukan pijatan, jangan lupa untuk minum air mineral sebanyak 2 gelas untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Setelah memahami titik akupresur sakit panggul, Anda bisa mempraktekannya langsung dirumah maupun di klinik terapi agar lebih maksimal dalam pengobatan. Jika keluhan masih berlanjur, konsultasikan ke dokter atau ahli terapi untuk mendapatkan tindak lanjut yang tepat.