Titik akupuntur punggung bawah sering dimanfaatkan orang-orang yang mengalami rasa nyeri di bagian punggung. Memijat titik ini bisa membantu seseorang menyembuhkan penyakitnya, bahkan tanpa perlu diberi obat-obatan medis.

Seperti hasil dari sebuah kajian yang melakuka 22 penelitian akupuntur, menunjukkan bahwa terapi ini mampu membantu dalam jangka pendek dari sakit punggung kronis, termasuk sakit punggung bagian bawah.

Mengenal Titik Akupuntur Punggung Bawah

Memang rasanya nyeri punggung bagian bawah ini sangat tidak nyaman. Selain sakit juga membuat pekerjaan menjadi tertunda karena tidak tahan menahan nyeri. Terutama aktivitas yang memerlukan duduk dalam jangka lama.

DIDUKUNG OLEH:

Keajaiban dari terapi akupuntur ini bisa dibuktikan dalam menyembuhkan nyeri bagian punggung bawah. Untuk lebih jelasnya, akan disebutkan dalam poin-poin sebagai berikut:

1. Mempercepat relay sinyal elektromagnetik

Kinerja akupuntur memiliki manfaat untuk mempercepat relay sinyal elektromagnetik yang bekerja dengan cara memulai aliran bahan kimia penghilang rasa sakit seperti endorfin, dan melepaskan sel sistem kekebalan dalam tubuh.

2. Memicu pelepasan opioid alami

Dengan menusukkan jarum tipis pada beberapa titik tertentu dalam tubuh akan memicu pelepasan Opioid alami, yang merupakan bahan kimia yang berada di otak dan dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Mengubah zat kimia otak

Ilmu yang berasal dari daratan Tiongkok lebih dari 2500 tahun yang silam ini sangat efektif untuk mengubah zat kimia otak. Yaitu, dengan cara mengubah pelepasan neurotransmitter dan neurohormones.

Neurotransmitter ini sendiri dapat bekerja dengan baik untuk merangsang atau meredam impuls saraf. Sementara Neurohormon dapat memengaruhi fungsi atau aktivitas organ di dalam tubuh.

4. Memperbaiki ketidakseimbangan Qi

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, tubuh memiliki lebih dari 2.000 titik penting. Yang dihubungkan oleh jalur yang menciptakan aliran energi atau Qi. Sehingga, dengan merangsang titik-titik ini akan memperbaiki ketidakseimbangan Qi.

BACA JUGA  Ampuh! Atasi Nyeri Dengan Akupuntur Sakit Kepala

Panduan dari American Pain Society dan American College of Physicians mengatakan bahwa dokter harus mempertimbangkan akupuntur sebagai terapi alternatif, terutama untuk pasien dengan nyeri punggung bawah kronis.