Akupuntur, salah satu pengobatan alternatif untuk mengatasi nyeri dengan menstimulasi titik akupuntur. Berbagai macam keluhan penyakit bisa diatasi dengan menggunakan terapi akupuntur.

Titik Akupuntur Untuk Redakan Sakit Kepala dan Pinggang

Berbagai keluhan nyeri bisa diatasi dengan akupuntur, salah satunya adalah nyeri di bagian kepala dan pinggang. Dengan menstimulasi titik tertentu di area tubuh, Anda bisa meredakan nyeri di bagian kepala dan pinggang dengan mudah.

Menurut dokter spesialis akupuntur, Dr. Kemas, Abdurrohim, MARS, M.Kes, SpAk mengatakan, dengan menstimulasi titik yang tepat, penyakit yang rentan mengintai bisa dicegah.

Berikut ini titik akupuntur yang tepat untuk mengatasi nyeri di bagian kepala dan pinggang, yaitu:

– Sakit pinggang

Area yang tepat untuk distimulasi dengan akupuntur adalah di bagian sisi samping luar ibu jari. Cara mengobatinya dengan pijat searah, dimulai dari pangkal sampai ujung kuku. Anda bisa menggunakan lotion agar mudah saat memijat dan ulangi sampai nyeri mereda.

– Sakit kepala

Area yang tepat untuk distimulasi adalah di bagian antara ibu jari dan jari telunjuk. Anda bisa memijat area ini hingga terasa pegal atau ngilu, atau selama 5-10 menit.

Menurut Dr. Kemas, sudah diteliti bahwa titik yang distimulasi oleh akupuntur berguna untuk meningkatkan endorfin. Meningkat setelah 20 detik dirangsang dan 3 menit kemudian akan keluar dengan optimal dan nyeri akan mereda.

Selain nyeri di bagian kepala dan pinggang, akupuntur juga bisa membantu meredakan nyeri di bagian dada. Cara memijatnya juga harus mengetahui area yang tepat terlebih dahulu untuk distimulasi dengan benar.

Untuk nyeri dada, Anda bisa menekuk jari atau seperti menggenggam kuat. Setelah itu, bagian telapak tangan yang terkena sentuhan jari kelingking, ditekan dengan kuat selama 5-10 menit atau hingga terasa ngilu.

Teknik pijatan untuk nyeri dada tersebut, bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan nyeri bagi penderita penyakit jantung iskemik. Jadi, secara tidak langsung, akupuntur juga berguna sebagai pertolongan pertama yang efektif.

Itulah titik akupuntur yang tepat untuk meredakan nyeri di tubuh, khususnya nyeri di bagian kepala dan pinggang. Semoga bermanfaat~