Titik refleksi di tangan merupakan salah satu titik akupresur yang bisa distimulasi untuk mengobati masalah penyakit. Titik di area ini biasa distimulasi saat sedang melakukan terapi akupresur.

Mengenal Titik Refleksi Di Tangan

Pijat refleksi atau akupresur sudah digunakan masyarakat sejak zaman dahulu. Terapi ini berasal dari Cina dan merupakan jenis pengobatan yang efektif selain akupuntur.

Akupresur dalam praktiknya hanya mengandalkan kekuatan pijatan dari tangan saja, beda halnya dengan akupuntur yang menggunakan jarum tipis dalam praktiknya.

DIDUKUNG OLEH:

Salah satu titik refleksi yang biasa distimulasi dalam pengobatan adalah di area tangan. Titik akupresur yang ada di tangan ini berguna untuk melemaskan otot dan juga bisa menyembuhkan keluhan penyakit.

Berikut manfaat yang akan didapat dengan menstimulasi titik yang ada di area tangan, yaitu:

– Sekitar 4cm di area pergelangan tangan bagian dalam

Titik ini disebut juga dengan nama titik P6, dengan menstimulasi area ini, masalah sakit kepala bisa diatasi dengan mudah. Selain itu, menekan area ini juga dapat mengurangi sakit perut, mual, sakit telinga dan nyeri leher.

– Di bagian ujung jari tangan

Sakit tenggorokan, demam dan flu bisa diatasi dengan menstimulasi area yang ada di ujung jari tangan. Menurut sumber lain, menstimulasi area ini juga bisa meredakan epilepsi, namun hal ini belum terbukti benar.

– Area antara telunjuk dan ibu jari

Titik ini disebut juga dengan nama L14. Memijat area ini diklaim bisa mengatasi sembelit yang diakibatkan karena stres atau kecemasan. Selain itu, masalah sakit gigi, nyeri bahu dan migrain juga bisa diatasi melalui titik ini.

– Sepanjang sisi ibu jari

Pilek, sakit tenggorokan dan menggigil bisa diatasi dengan menekan titik ini. Karena, titik ini merupakan titik refleksi meridian paru-paru.

BACA JUGA  Ampuh! Begini Cara Meredahkan Sakit Gigi

Sebelum melakukan pijatan di area tangan, sebaiknya konsultasikan diri terlebih dahulu pada ahlinya. Karena, ada beberapa kondisi medis yang perlu arahan dari dokter sebelum melakukan terapi.

Kondisi medis yang perlu konsultasi dari dokter adalah ibu hamil, saat sedang diare, asam urat, epilepsi, peradangan di tangan, memiliki luka terbuka dan lain sebagainya.