Diabetes dan hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sulit untuk disembuhkan. Namun, dengan trik pijat dari akupuntur, kedua jenis penyakit ini bisa diatasi dengan mudah.

Trik Pijat Akupresur Atasi Diabetes dan Hipertensi

Menurut dokter spesialis akupuntur, Dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, SpAk mengatakan, akupuntur atau akupresur bisa digunakan untuk mengatasi penyakit, walaupun tak langsung mengobati.

Untuk mengkontrol diabetes dan hipertensi, Anda bisa mengakupresur titik yang ada di bagian kaki. Saat melakukan pijatan, disarankan untuk menggunakan lotion atau minyak, agar tidak menimbulkan lecet.

Penyakit diabetes terjadi karena hormon insulin yang tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah atau glukosa. Sedangkan hipertensi, terjadi ketika tekanan darah pada nilai 130/80 mmHg atau lebih.

Kedua jenis penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya dan jika dibiarkan bisa mengancam nyawa. Walaupun sulit untuk diatasi, diabetes dan hipertensi bisa dikontrol, yaitu dengan cara pijat akupresur.

Akupresur merupakan cara tradisional yang aman untuk dilakukan. Adapun titik yang harus distimulasi untuk mengkontrol kedua jenis penyakit tersebut ialah:

– Diabetes

Saat melakukan akupresur, titik yang harus distimulasi untuk mengkontrol penyakit diabetes terletak di 4 jari di atas mata kaki. Caranya dengan menekan titik tersebut selama 10 menit secara bergantian. Tujuannya untuk memperbaiki kinerja hormon insulin.

– Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Titik akupresur untuk hipertensi terletak di sekitar punggung kaki. Lebih tepatnya terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk kaki. Tekan dengan lama di titik tersebut sampai terasa nyeri untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Jadi, selain mengobati dengan mengkonsumsi obat, penyakit kronis diabetes dan hipertensi bisa juga diatasi dengan cara akupresur. Hal ini tentu saja lebih aman untuk dilakukan karena tidak menimbulkan ketergantungan obat.

Trik pijat di atas bisa Anda aplikasikan dengan menggunakan bantuan ahli akupresur atau memijatnya sendiri. Dengan menstimulasi titik tersebut, penyakit kronis di atas bisa dikontrol dan diminimalisir.