Siapa sangka bahwa salah satu UPT Dinas di Maluku menyediakan terapi akupuntur di dalamnya. Dinkes Maluku memiliki 6 UPT Dinas yang memiliki keunggulannya masing-masing, simak berikut ini.

UPT Dinas Di Maluku

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Maluku, Dr Meykal Pontoh mengatakan bahwa Dinkes Maluku memiliki 6 UPT dinas yang semuanya memiliki keunggulan masing-masing.

Terdapat 3 Rumah Sakit dan Laboratorium Kesehatan serta Balai pelatihan kesehatan dan Balai Kesehatan Paru. Salah satu UPT dari Dinkes Maluku ini menarik perhatian, yaitu RS dr Ishak Umarella.

DIDUKUNG OLEH:

RSUD ini pernah hancur karena gempa bumi, dan sekarang sudah dibenahi kembali. RSUD dr Ishak Umarella terletak di Kabupaten Maluku Tengah. Layanan unggulan dari RS ini ialah adanya pelayanan kecantikan dan kesehatan tradisional.

Siapa sangka, RS ini memiliki pelayanan akupuntur dan akupresur serta layanan kecantikan lainnya yang banyak diminati oleh masyarakat. Jadi, selain menerima pelayanan umum dan pasien covid, terapi tradisional juga disediakan.

Menurut Dr Meykal Pontoh, UPT lain dari Dinkes Maluku seperti RSKD ternyata tidak hanya mengatasi masalah orang sakit jiwa, disini juga disediakan layanan tumbuh kembang untuk anak.

Bapelkes dari Maluku juga berperan penting dalam kualitas layanan tenaga kesehatan yang ada di Provinsi Maluku, tersedia pelatihan bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas diri mereka.

Tidak hanya itu, Laboratorium Kesehatan juga memiliki keunggulannya tersendiri, yaitu bisa melakukan pemeriksaan kandungan udara dan sampel air. Dr Meykal Pontoh berharap, masyarakat bisa mengetahui fungsi masing-masing dari UPT yang disediakan Dinkes Maluku.

Karena, semua UPT yang disediakan sangat penting untuk masyarakat. Keunggulan dari semua UPT ini menjelaskan bahwa Dinkes Maluku menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terbaik.

BACA JUGA  Bahaya dan Cara Mengatasi Perut Buncit

Balai Kesehatan Paru atau BKPM di Maluku juga memiliki keunggulan, balai ini menyediakan layanan pemeriksaan paru dan juga bisa menghitung kapasitas paru para olahragawan perokok berat.

Dari semua UPT yang disediakan, RS dr Ishak Umarella yang berbeda dari biasanya, karena RS ini sudah menghadirkan layanan akupuntur dan klinik kecantikan sekaligus.

Sehingga, jika pasien ingin melakukan terapi akupuntur, terapi ini bisa dilakukan dengan mendatangi RS tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa akupuntur memang sudah merambah di dunia medik.