Wah! Denise Chariesta Idap Penyakit Psoriasis, Akupuntur Bisa Sembuhkan?

Kreator yang kerap menyampaikan konten kontroversial, Denise Chariesta belum lama ini menyemat kabar tentang dirinya mengidap penyakit psoriasis.

“Oke guys, akhirnya gue menemukan suntik untuk gue sama dokter Vina, terima kasih ya dok,” kata Denise Chariesta dalam Insta Story.

Lebih lanjut, Denise mengungkap jika dirinya telat untuk suntik psoriasis tersebut, maka ia akan mengalami bintik-bintik hingga ke muka.

Apa itu Penyakit Psoriasis?

Dilansir dari AloDokter, Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal. Psoriasis biasanya muncul di kulit bagian lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Pada keadaan normal, proses pergantian sel-sel kulit membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Namun, pada penderita psoriasis, proses tersebut bisa terjadi hanya dalam beberapa hari. Akibatnya, pergantian sel-sel kulit yang terlalu cepat menyebabkan penebalan pada kulit.

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diduga terjadi akibat gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ada faktor-faktor yang dapat menjadi pemicu psoriasis, seperti stres, infeksi tenggorokan, dan cuaca dingin.

Gejala psoriasis tergantung pada jenisnya. Namun, kondisi ini umumnya ditandai dengan kulit yang bersisik, menebal, dan terasa gatal. Gejala ini bisa terjadi selama beberapa minggu, kemudian hilang untuk sementara waktu sampai akhirnya muncul kembali.

Langkah utama untuk mencegah psoriasis adalah dengan menghindari faktor pemicunya. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah berhenti merokok, mengelola stres dengan baik, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan menggunakan tabir surya.

Apakah Akupuntur Efektif Mengobati Psoriasis?

Akupuntur adalah perawatan holistik yang melibatkan praktisi terlatih untuk memasukkan jarum halus ke dalam kulit Anda. Ini dilakukan untuk merangsang titik dan reaksi tertentu di dalam tubuh Anda.

BACA JUGA  Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Ini digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk sejumlah kondisi berbeda, termasuk psoriasis. Psoriasis adalah kelainan autoimun kronis yang menyebabkan bercak merah, meradang, dan bersisik pada kulit Anda.

Penelitian awal tentang akupuntur untuk psoriasis menunjukkan bahwa ini bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk mengelola gejala dan flare Anda.

Akupuntur dapat membantu mengobati psoriasis dengan beberapa cara berbeda. Ini adalah pereda stres yang efektif – dan stres adalah pemicu umum munculnya psoriasis. Ini juga dapat membantu meredakan rasa sakit, terutama dalam kasus radang sendi psoriatis.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan di area ini. Tetapi beberapa bukti anekdot menunjukkan bahwa akupuntur dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk psoriasis.

Ini termasuk berpotensi memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala atau menyebabkan remisi psoriasis.

Selama perawatan akupuntur, ahli akupuntur Anda akan bertanya tentang rasa sakit dan gejala Anda dan memeriksa area masalah apa pun.

Mereka akan dimasukkan ke dalam kulit Anda pada kedalaman yang berbeda, tergantung pada teknik yang digunakan penyedia Anda. Kedalaman ini dapat berkisar dari 1 hingga 2 inci.

Setelah semua jarum dimasukkan, jarum akan tertinggal di kulit Anda hingga 20 menit. Anda mungkin merasakan berat atau mati rasa yang dalam, yang berarti pengobatan berhasil.

Ahli akupuntur Anda mungkin mengelilingi psoriasis yang terlihat dengan jarum, yang dilakukan untuk mencoba membawa lebih banyak chi (energi) ke area tersebut dan menyeimbangkan sistem kekebalan Anda. Ini disebut “mengelilingi naga”.

Dalam kasus lain, mereka akan menempatkan jarum di berbagai titik di tubuh Anda tergantung di mana lesi berada. Misalnya, jika lesi ada di kepala Anda, ahli akupuntur akan merawat titik Ying Xiang (dekat hidung) dan Su Liao (ujung hidung), sumber healthline.com.

BACA JUGA  5 Tips Sembuhkan Anosmia Seperti Tyas Mirasih, Akupuntur Salah Satunya

Demikian sepintas penjelasan mengenai penyakit Psoriasis seperti yang diidap Denise Chariesta, serta cara pengobatan dengan terapi akupuntur. Semoga bermanfaat. [AB]

TERBARU

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengapa Akupunktur Kini Masuk dalam Arus Utama Dunia Pengobatan? Berikut Penelusuran Reportase TIME

Krisis kecanduan opioid yang melonjak di AS sekitar satu...

Sempat Derita Stroke, Aktor Irgi Achmad Fahrezi Ungkap Pengobatan Alternatif ini Hingga Bisa Sembuh

Aktor sinetron Lupus Milenia, Achmad Fahrezi mengungkap bahwa dirinya...

Apa itu Wisata Kesehatan, yang Sedang Popular Digerakkan di KEK Sanur Bali?

Pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh orang untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu. Meskipun suplemen dapat memberikan manfaat,...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa penyakit tropis yang bisa mengancam kesehatan. Dalam keterangan rilisnya, Kemenkes RI mengatakan bahwa Badan Kesehatan Dunia...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati yang luar biasa, termasuk tumbuh-tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang sangat berguna bagi kesehatan manusia adalah...