Atasi Aritmia Jantung Menggunakan Terapi Akupuntur – Jantung menjadi organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Dengan jantung yang sehat, seseorang bisa hidup dengan aman dan nyaman. Terdapat gangguan pada jantung yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman dalam menjalani hidup. Aritmia, merupakan gangguan yang terjadi pada jantung dan berhubungan dengan irama jantung. Seseorang yang mengalami aritmia akan merasa bahwa irama jantungnya tidak stabil, terlalu cepat, lambat dan semuanya tidak teratur.

DIDUKUNG OLEH:

Terdapat beberapa jenis aritmia yang kerap dialami, mulai dari Atrial fibrilasi, AV blok, Supraventrikular takikardi, Ventrikel ekstra sistol, ventrikel fibrasi. Seseorang yang mengalami Aritmia tidak hanya merasakan detak jantung yang tidak stabil. Mereka juga akan merasakan pusing, cepat lelah, sesa napas, nyeri pada dada hingga pingsan.

Seseorang yang mengalami Aritmia bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti konsumsi obat pilek, sleep apnea, hipertensi, diabetes, kelainan katup jantung, serangan jantung dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa dalam hidup, harus terus menjaga kesehatan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini ?

Atasi Aritmia Jantung Menggunakan Terapi Akupuntur

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Aritmia ialah akupuntur. Peneliti University of Minnesota (Minneapolis) menemukan akupunktur efektif untuk pengobatan aritmia jantung. Dalam meta-analisis delapan investigasi independen, akupunktur memiliki tingkat keberhasilan 87% – 100% untuk mengubah irama jantung menjadi normal setelah akupunktur.”

Peneliti Universitas Beijing menghasilkan temuan serupa. Akupuntur merupakan alternatif untuk mengobati aritmia jantung. Khususnya untuk pasien denyut prematur ventrikel dan fibrilasi atrium. Dalam sebuah penelitian, dilakukan perbandingan akupuntur dengan amiodaron (obat antiarimia). Satu kelompok pasien mendapatkan akupuntur pada titik Neiguan (PC6) Shenmen (HT7) Danzhong (CV17). Sementara kelompok lain mendapatkan perawatan dengan suntikan amiodaron. Kelompok pasien yang mendapatkan akupuntur memiliki tingkat efektifitas 85%, sementara penetima obat hanya 67,5 persen.

Hasil yang akan diperoleh juga lebih cepat pasien yang menerima akupuntur. Efeknya begitu dirasakan dan membuat pasien menjadi lebih baik lagi. Jadi bisa disimpulkan bahwa akupuntur memang menjadi alternatif terbaik dalam menangani aritmia jantung.