Ini 6 Makanan Sehat untuk Jantung

Menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidak sesulit yang diperkirakan. Kita bisa memulai dengan rutin berolahraga dan memakan makanan sehat untuk jantung. Nah, enam makanan sehat ternyata baik bagi jantung, dan juga mudah ditemukan di sekitar kita.

6 Makanan Sehat untuk Jantung

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan tersebut dapat mengontrol kadar kolesterol yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Mengonsumsi satu buah alpukat per hari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

- Advertisement -

2. Sayuran hijau

Khasiat sayuran hijau sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan jantung. Bayam dan kangkung merupakan contoh sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kandungan vitamin K dalam sayuran hijau dapat menjaga kesehatan arteri dan membantu peningkatan proses pembekuan darah.

Dengan khasiat tersebut, sayuran hijau dipercaya sebagai makanan sehat untuk jantung karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Bawang putih

Apakah kamu mengira bahwa bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu masakan? Ternyata, bawang putih juga dapat menjaga kesehatan jantung karena manfaatnya yang dapat digunakan sebagai pengganti garam alami untuk membuat masakan semakin gurih.

Kandungan garam dalam tubuh perlu untuk dikontrol karena asupan berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Bawang putih dapat menggantikan peran garam dan tidak mempengaruhi tekanan darah.

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang dipercaya bermanfaat untuk memberikan efek terapeutik. Senyawa tersebut dapat menjaga kesehatan jantung.

Ekstrak bawang putih juga telah diteliti dapat mencegah penumpukan trombosit yang berguna untuk mengurangi risiko pembekuan darah.

4. Tahu

Makanan yang mudah ditemukan ini ternyata mengandung protein nabati dengan mineral, loh. Kandungan dalam tahu tersebut dapat membantu kesehatan jantung. Tahu dapat menjadi pilihan sebagai makanan sehat untuk jantung yang mudah ditemukan.

BACA JUGA  Masalah Gigi yang Paling Sering Terjadi & Penyebabnya

5. Tomat

Makanan unik yang dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah atau dimasak menjadi sayuran ini juga dapat menjaga kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan pada tomat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi jantung. Antioksidan tersebut secara khusus dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Tomat merupakan makanan sehat untuk jantung yang dapat meningkatkan kadar likopen.

6. Kacang almond

Kacang-kacangan memang dikenal sebagai makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Secara khusus, kacang almond memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan sterol, serat, dan lemak sehat bermanfaat untuk menjaga performa jantung. Selain itu, mengonsumsi kacang almond juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Demikian enam makanan sehat yang baik bagi jantung kita. Tentu saja, asupan bergizi ini akan semakin bagus jika dibarengi rutin olahraga. Semoga sehat selalu. [AB]

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...