Ini Alasan Makanan Bergizi Bisa Atasi Banyak Masalah Kesehatan

Ada banyak sekali masalah kesehatan di dunia yang penyebabnya adalah makanan. Data dari World Economic Forum (WEF) menunjukkan kalau pola makan yang buruk bertanggung jawab atas sebelas juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Angka tersebut lebih tinggi daripada kematian yang disebabkan oleh tembakau, tekanan darah tinggi, atau berbagai penyakit kronis lainnya.

Tentu sangat miris ketika kita masih merasakan masalah yang sama terkait makanan selama puluhan tahun terakhir. Kurangnya akses ke makanan terjangkau dan bergizi yang berkelanjutan menjadi salah satu akar dari masalah ini. Tingginya angka kekurangan gizi sering kali berhubungan dengan risiko berbagai penyakit yang sulit untuk diobati. Itu artinya, untuk menekan pertumbuhan penyakit berbahaya, sebenarnya hal yang perlu dilakukan adalah lebih peduli dengan pengembangan dan distribusi makanan bergizi kepada banyak orang secara merata.

Makanan yang bergizi dapat membantu menurunkan risiko berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Ini karena makanan yang bergizi mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, dan serat, yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini karena serat dapat membantu menyerap lemak dalam usus sebelum diteruskan ke dalam aliran darah.

Lalu, makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, seperti sayuran dan buah-buahan, dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk kanker. Antioksidan dalam makanan tersebut dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel ganas.

Sedangkan pada makanan yang kaya akan protein seperti daging, telur, dan produk susu, bisa memberikan manfaat dengan membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta membantu menjaga berat badan yang sehat. Ini karena protein dapat membantu mengurangi rasa lapar sekaligus meningkatkan pembakaran kalori.

BACA JUGA  Jus Buah & Sayur Segar Selamatkan Hidup Manusia dari Berbagai Penyakit

Selain itu, berbagai masalah kesehatan juga bisa diatasi dengan makanan yang kaya akan lemak sehat seperti minyak zaitun, ikan, dan kacang-kacangan. Jenis makanan ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Lemak sehat juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki kesehatan kulit.

Dengan makanan yang bergizi, tubuh bisa menjalankan fungsinya secara normal dan optimal. Penting juga untuk diperhatikan, kalau sebenarnya tidak selalu perlu banyak uang dalam memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, kamu bisa memenuhinya dengan membeli langsung berbagai bahan makanan bergizi ke pengecer besar serta memasaknya sendiri agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih terjangkau.

Tapi jangan lupa, makanan yang bergizi memang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita dan menurunkan risiko berbagai jenis penyakit. Namun, konsumsi makanan yang bergizi juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti olahraga teratur dan tidur yang cukup. Jangan lupa  juga untuk selalu memperkaya wawasan terkait makanan bergizi dan menerapkannya dalam pola hidup sehat, dengan begitu, maka berbagai risiko penyakit bisa ditangkal dengan lebih maksimal.

TERBARU

Tertarik Jajal Terapi Kerokan atau Gua Sha? Ketahui Dulu Efek dan Cara Amannya

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa kerokan atau gua sha jamak...

Tertarik Konsumsi Suplemen, Baca Dulu Anjuran Dokter Bedah ini

Banyak orang menganggap bahwa suplemen bisa membantu mengatasi berbagai...

Kasus Diabetes Anak Makin Marak, Apa Penyebabnya?

Indonesia memiliki masalah serius dengan meningkatnya kasus diabetes pada...

Apakah Pengobatan Tradisional Masih Digunakan? Ini Penjelasan Lembaga WHO

Pengobatan tradisional merupakan bagian penting dari kesehatan global, WHO...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami....

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Tertarik Jajal Terapi Kerokan atau Gua Sha? Ketahui Dulu Efek dan Cara Amannya

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa kerokan atau gua sha jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Namun, Ketua Umum PIKTI Dr. Dr. Ekawahyu Kasih, S.Pd.,...

Tertarik Konsumsi Suplemen, Baca Dulu Anjuran Dokter Bedah ini

Banyak orang menganggap bahwa suplemen bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan berat badan, merawat rambut, jerawat, kuku, dan kesehatan secara keseluruhan. Meski...

Kasus Diabetes Anak Makin Marak, Apa Penyebabnya?

Indonesia memiliki masalah serius dengan meningkatnya kasus diabetes pada anak-anak. Melansir laman BBC Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini mengungkapkan bahwa prevalensi...

Apakah Pengobatan Tradisional Masih Digunakan? Ini Penjelasan Lembaga WHO

Pengobatan tradisional merupakan bagian penting dari kesehatan global, WHO menyampaikan bahwa diperkirakan 88% negara anggota telah menggunakan praktik seperti obat herbal, akupuntur, dan terapi...

Lembaga ini Tekankan Pentingnya Literasi Jamu Nusantara

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang besar, termasuk berbagai ramuan jamu dan tanaman obat. Sayangnya, pemahaman masyarakat tentang jamu masih terbatas pada Pulau Jawa. Setiap...

Memahami Penanganan Penyembuhan Paska Stroke

Penanganan penyembuhan pasca serangan stroke sangat penting untuk dipahami. Praktisi dan Dosen Tuina, Didik Waluyo, Ir. M.Med menjabarkan ihwal ini dalam PIKTI E-Seminar Seri...