Sempat Derita Stroke, Aktor Irgi Achmad Fahrezi Ungkap Pengobatan Alternatif ini Hingga Bisa Sembuh

Aktor sinetron Lupus Milenia, Achmad Fahrezi mengungkap bahwa dirinya baru saja sembuh dari sakit stroke. Diakuinya, gegara beban pikiran berat yang membuatnya terserang sakit pembuluh darah otak tersebut sejak tahun 2020 lalu.

“Sebenarnya waktu itu sudah setahun dari 2020 cuma aku baru cerita baru sekarang,” kata Irgi Fahrezi kepada rekan media di Jakarta, belum lama ini. “Alhamdulillah sekarang sudah baik,” sambungnya.

Irgi bersyukur kesehatannya kini semakin membaik bahkan sembuh dari stroke di tahun ini. Dia mengatakan menempuh pengobatan alternatif, termasuk dikabarkan terapi jarum akupuntur. Pengobatan tersebut ditempuh atas saran dari sang ayah juga salah seorang rekan sesama artis. Kini Irgi pun bersyukur ia telah sembuh dari stroke yang sempat menyerang tubuhnya.

“Tahun itu juga gua alhamdulillah mulai (sembuh) karena dapet pengobatan yang bener aja, alternatif,” tandas Irgi.

- Advertisement -

Mengenal Terapi Akupuntur untuk Stroke

Melansir dari laman CiputraHospital, akupuntur stroke merupakan salah satu pengobatan yang dapat dilakukan untuk pasien stroke. Terapi yang diberikan pada pasien stroke ini telah dilakukan selama bertahun-tahun di berbagai tempat di dunia.

Terapi akupuntur ini sendiri dilakukan dengan cara menusukkan jarum di anggota tubuh pasien pada beberapa titik yang telah ditentukan. Terapi ini telah menjadi salah satu terapi yang direkomendasikan oleh WHO sebagai salah satu pengobatan pada pasien stroke.

Lalu, apa itu penyakit stroke? Stroke adalah gangguan neurologis yang terjadi akibat adanya gangguan pembuluh darah pada otak. Gangguan pembuluh darah tersebut dapat berupa penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah akibat timbunan lemak. Ini menyebabkan kerusakan pada sel otak sehingga fungsi-fungsi pada sel tersebut hilang dan tidak bekerja. Kerusakan ini dapat menyebabkan terputusnya aliran darah ke bagian otak.

BACA JUGA  PIKTI Gelar Aksi Derma Bagi Masyarakat Penyintas Gempa Bumi Cianjur

Penyumbatan yang menghalangi aliran darah menuju otak ini disebut stroke iskemik. Sedangkan, pendarahan yang terjadi pada bagian otak disebut stroke hemoragik. Kedua jenis stroke ini merupakan kondisi stroke yang serius, tergantung dari tingkat kepararahan dan dapat menyebabkan kerusakan secara permanen pada otak.

Peran Akupuntur Pada Stroke

Peran akupuntur bagi pasien stroke adalah membantu mendorong perubahan aliran darah pada tubuh dan otak. Akupuntur mampu merangsang produksi faktor pertumbuhan pada bagian saraf. Akupuntur juga mampu meningkatkan kekuatan motorik, kemampuan menelan, kemampuan bicara, memori dan juga fungsi neurologis lainnya. Bahkan akupuntur mampu memperlancar sirkulasi cairan dalam tubuh contohnya seperti urin. Biasanya pasien akupuntur memiliki volume urin yang lebih banyak dan lebih sering buang air kecil dibandingkan rata-rata orang normal.

Cara Kerja Akupuntur Stroke

Akupuntur tidak dapat hanya sekali diberikan kepada pasien stroke. Akupuntur ini biasanya akan dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu dengan minimal 12 kali pengobatan atau ada yang mengatakan juga selama 18 sesi selama 3 minggu. Banyaknya sesi atau waktu pemberian terapi tergantung atau menyesuaikan dengan gejala atau keparahan penyakit stroke yang diderita. Akupuntur juga memiliki beberapa metode, seperti akupuntur kulit kepala, akupuntur tubuh, akupuntur dengan menggunakan elektrostimulator dan masih banyak lainnya.

Cara kerjanya dengan menusukkan jarum pada titik-titik akupuntur di tubuh pasien stroke. Kegiatan menusukkan jarum pada titik-titik akupuntur ini dipercaya mampu memperbaiki aliran darah supaya lebih lancar dan mampu memberikan pasokan darah yang cukup pada otak. Prinsip dari pengobatan akupuntur adalah memberi stimulasi pada tubuh pasien supaya mampu melawan penyakit yang ada dalam tubuh.

Terapi Akupuntur Pada Pasien Stroke

Akupuntur merupakan salah satu bentuk terapi yang dapat diberikan pada pasien stroke. Diketahui bahwa terapi akupuntur ini lebih efektif dan aman dibandingkan pengobatan secara konvensional ataupun fisioterapi. Selain itu, terapi ini memiliki efek samping yang lebih aman bagi pasien penderita stroke iskemik.

BACA JUGA  Bantu Akses Makanan Lokal Sehat bagi para Manula,Wilayah AS ini Diganjar US$3,8 Juta

Menurut penelitian, terapi akupuntur memiliki jumlah angka kematian pasien yang lebih sedikit dibandingkan dengan penanganan lainnya. Terapi akupuntur berperan signifikan terhadap rehabilitasi ekstremitas bawah pada pasien, meskipun tidak begitu signifikan terhadap fungsi motorik pasien yang dilakukan pada 7 minggu pengobatan.

Efektivitas Akupuntur untuk Rehabilitasi Stroke

Akupuntur merupakan metode pelengkap dari rehabilitasi medik yang dilakukan oleh dokter. Rehabilitasi sendiri merupakan bagian penting dalam pemulihan stroke yaitu mulai rehabilitasi pada aktivitas fisik, kognitif hingga emosional. Beberapa pasien stroke memilih untuk menggunakan akupuntur sebagai bentuk rehabilitasi mereka.

Akupuntur dipercaya cukup efektif dalam penyembuhan atau pemulihan pasien. Pasalnya akupuntur mampu merangsang kemampuan tubuh untuk dapat melawan atau mengatasi penyakit stroke yang ada dalam tubuhnya. Selain stroke, akupuntur juga mampu menyembuhkan penyakit insomnia dan masalah pada pencernaan.

Semoga informasi dan penjelasan mengenai pengobatan terapi akupuntur ini dapat membantu kita memahami lebih jauh manfaat, peran dan cara kerja dari akupuntur itu sendiri. Akupuntur bukanlah pengobatan yang menyeramkan, hanya karena metode penusukan jarum pada tubuh. Namun, akupuntur merupakan sebuah terapi dan bentuk rehabilitasi medik yang mampu dan cukup efektif dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah stroke. [eb]

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...