Serba-serbi Beras Kencur, mulai Bahan hingga Manfaatnya bagi Kesehatan

Orang India terkenal dengan obsesi mereka terhadap minuman herbal sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Begitu pula dengan Indonesia, negara yang memiliki warisan budaya yang sangat kaya, salah satu minuman herbal ajaib yang juga terkenal adalah jamu atau beras kencur. Ramuan herbal ini dianggap sangat sehat dan telah dikonsumsi selama berabad-abad.

Jamu merupakan obat tradisional Indonesia yang terdiri dari bahan-bahan seperti akar, bunga, kulit kayu, biji, buah, dan daun, serta beberapa rempah seperti jahe, kunyit, dan asam. Beberapa ahli percaya bahwa kandungan dalam jamu lebih baik dikonsumsi oleh tubuh dalam bentuk cair.

Melansir laman Slurrp, minuman jamu ini berasal dari provinsi Jawa di Indonesia dan dikenal dengan aroma dan rasa yang unik, dari pahit hingga manis. Jamu dapat membantu memulihkan stamina dan menyembuhkan beberapa penyakit kronis lainnya. Tidak banyak yang mengetahui bagaimana minuman ini muncul, namun, jamu diyakini berasal dari sekitar era ke-13 selama era Majapahit. Minuman ini dianggap sebagai obat yang efisien untuk menyembuhkan banyak penyakit serius dan resepnya biasanya diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya serta disimpan sebagai rahasia keluarga.

Meskipun ada beberapa bahan penting yang menjadi bagian dari ramuan jamu, orang bisa menyesuaikan minuman ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Jamu ini umumnya dijual oleh mbok jamu, wanita muda atau paruh baya yang mengenakan kebaya dan menjual jamu dari pintu ke pintu.

- Advertisement -

Terdapat banyak manfaat kesehatan dari jamu atau beras kencur, di antaranya adalah penguat imunitas, merangsang nafsu makan, baik untuk kesehatan jantung, menjaga tubuh tetap segar dan santai, serta membantu menurunkan berat badan secara alami. Minuman herbal ini juga dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, penyakit, serta merangsang nafsu makan pada orang dewasa maupun anak-anak.

BACA JUGA  Serba-serbi Perkampungan Demensia, hingga Masa Depannya¬†

Selain itu, minuman jamu juga dapat membantu menebalkan dinding lambung dan mencegah kerusakan, mengatasi masalah pencernaan seperti mual, sembelit, dan kembung, serta mencegah penyakit kronis seperti diabetes bahkan kanker. Jamu juga dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan pegal-pegal pada tubuh, memulihkan konsentrasi, dan membuat tubuh dan pikiran terasa segar dan rileks.

Bagi yang tertarik untuk membuat minuman ajaib ini di rumah, berikut adalah cara membuatnya. Siapkan bahan-bahan seperti 1 cangkir nasi putih, 5 gelas air, 200 gram kencur segar (kupas dan cincang), 50 gram jahe (kupas dan cincang), 500 gram gula aren, 100 gram gula pasir, 50 gram asam jawa, dan Sejumput garam.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah mencampurkan gula aren dan gula pasir ke dalam panci besar. Setelah itu, tambahkan asam jawa bersamaan dengan air. Aduk rata dan panaskan campuran tersebut hingga mendidih dan gula benar-benar larut. Setelah itu, matikan api dan biarkan campuran gula tersebut mendingin beberapa saat.

Selanjutnya, ambil blender dan masukkan kencur, jahe, dan nasi ke dalamnya. Tambahkan gula pasir dan haluskan semua bahan tersebut menjadi pasta halus. Setelah itu, tambahkan pasta ke dalam air gula yang sudah didinginkan tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Untuk menghilangkan ampas dan memastikan bahwa minuman es kencur terlihat lebih jernih, saring minuman dengan saringan halus. Setelah itu, simpan dalam botol kedap udara dan dinginkan dalam lemari es atau kulkas. Es kencur siap dinikmati sebagai minuman segar yang menyegarkan di tengah cuaca panas.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...