Terapi bekam merupakan salah satu terapi tradisional seperti akupuntur. Namun, bekam tidak memerlukan jarum dalam praktiknya, terapi ini menggunakan sebuah cup atau cawan khusus yang digunakan saat terapi.

Mengenal Terapi Bekam Dan Manfaatnya Untuk Kecantikan

Bekam sudah dikenal oleh masyarakat luas, dan banyak orang yang lebih memilih terapi ini untuk mengatasi masalah penyakit yang diatasinya. Biasanya masyarakat akan melakukan terapi ini untuk menghilangkan rasa lelah dan sakit kepala yang dideritanya.

Terapi jenis ini juga digunakan untuk menstimulasi jalur meridian. Manfaat yang didapatkan dari terapi ini juga beragam. Bahkan, terapi ini juga bisa digunakan untuk atasi masalah kecantikan.

DIDUKUNG OLEH:

Bekam biasanya menggunakan alat cangkir atau cawan yang berbahan dari plastik, kaca atau bambu. Biasanya, sebelum melakukan terapi, ahli terapis akan mengoleskan minyak di area yang akan dibekam.

Lalu, bagaimana cara kerja dari terapi ini? Pertama, terapis akan mengoleskan cawan yang dipakai untuk alat terapi dengan kain yang sudah dibasahi alkohol. Hal ini berguna untuk menghilangkan udara dan membentuk ruang hampa.

Setelah diolesi dengan alkohol, cawan tersebut diletakkan di titik tertentu sesuai dengan keluhan yang diderita oleh pasien. Biasanya cawan tersebut akan diletakkan di area punggung, tapi bisa juga di area lain seperti wajah.

Ruang hampa yang dibuat dengan olesan alkohol tersebut akan menarik kulit ke dalam gelas dan hal ini bermanfaat untuk melancarkan energi dan sirkulasi darah lancar.

Manfaat dari terapi ini beragam, bekam bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan juga nyeri pada sendi. Bahkan, bekam juga bisa digunakan untuk mengobati rasa pusing dan lelah karena aktivitas yang padat.

BACA JUGA  Mengobati Hiperkolesterolemia Dengan Akupuntur

Bekam bisa juga dimanfaatkan untuk atasi masalah kecantikan kulit, seperti mengatasi masalah jerawat dan eksim. Sembelit juga bisa diatasi dengan terapi jenis ini.

Tidak hanya untuk masalah kecantikan kulit dan nyeri, efek dari terapi ini juga bisa menenangkan tubuh. Tubuh akan merasa lebih enteng dan rileks setelah melakukan terapi ini.

Sirkulasi darah lancar dan hal ini bisa membuat kulit tampak segar dan terhindar dari masalah kulit yang menyerang. Manfaat dari terapi bekam pun sama banyaknya dengan manfaat dari akupuntur.