Tertarik untuk Terapi Akupresur? Simak Penjelasan Berikut ini!

Akupresur adalah teknik yang telah dipraktikkan dalam Pengobatan Tradisional China (TCM) selama ribuan tahun. Sekarang telah menyebar ke seluruh dunia sebagai teknik penyembuhan untuk menghilangkan rasa sakit, di antara kondisi lainnya. Ini mirip dengan akupuntur karena menggunakan titik yang sama dimana jarum akupuntur akan dimasukkan, tetapi sebagai gantinya, tekanan lembut diberikan ke titik tersebut melalui jari atau ibu jari selama sekitar 1 menit.

Titik-titik akupresur berjalan di sepanjang garis meridian ley tubuh yang sama dengan akupuntur, namun keberadaannya tidak dapat dibuktikan oleh sains. Meridian adalah “garis saluran energi” penting untuk qi (diucapkan chee) untuk mengalir dengan bebas. Ketika energi tersumbat di sepanjang meridian tertentu, maka rasa sakit atau penyakit dapat menetap. Akupresur dengan lembut membantu energi mengalir kembali dengan menekan titik-titik di mana energi mungkin tersangkut.

Akupresur adalah metode yang bagus untuk orang yang mungkin tidak dapat menerima akupuntur karena alasan medis atau tidak menyukai jarum yang digunakan dalam akupuntur. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa akupresur dapat meredakan nyeri pada jaringan otot, memungkinkan relaksasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan menenangkan sistem saraf.

Apa itu Meridian?

- Advertisement -

Ada 10 jalur meridian dalam tubuh yang berkorelasi dengan organ atau fungsi yang berbeda dan dua meridian tambahan. TCM didasarkan pada teori yin/yang sehingga setiap meridian adalah yin atau yang. Teori Yin/Yang adalah prinsip TCM untuk menciptakan keseimbangan atau keselarasan dalam tubuh.

Yin adalah energi pasif yang lambat sedangkan Yang lebih aktif. Jadi untuk setiap meridian berbasis organ yin ada meridian berbasis Yang yang sesuai yang menyeimbangkannya. Mengetahui fungsi meridian sangat penting bagi siapa saja yang berlatih akupresur.

BACA JUGA  Studi: Ramuan Alami Obat Tradisional Ampuh Sembuhkan Malaria

Bagaimana meridian bekerja

Ada 6 meridian tubuh bagian bawah, yang lebih bersifat yin dan terdiri lebih banyak area kaki, dan 6 meridian tubuh bagian atas yang bersifat Yang dan memanfaatkan dada, lengan, dan kepala.

Begini cara kerjanya:

  • Meridian hati dan kandung empedu.

Meridian hati berjalan di dalam kaki dan mengatur emosi seperti kebahagiaan atau kemarahan, mewakili aspek yin. Meridian kandung empedu berjalan di luar kaki dan mengatur kesabaran dan pengambilan keputusan, dan dapat menyebabkan sakit kepala saat tidak seimbang. Itu Yang.

  • Meridian ginjal dan kandung kemih (UB).

Meridian ginjal kembali berjalan di sepanjang paha bagian dalam dan mengatur emosi seperti kecemasan atau kesulitan dengan organ kemih. Ketika seimbang, itu memungkinkan kreativitas mengalir. Sifatnya yin. Meridian UB berjalan di sepanjang bagian belakang tubuh dan juga dapat menyebabkan masalah kencing. Itu Yang.

  • Meridian limpa dan lambung.

Meridian limpa kembali melewati paha bagian dalam dan mengatur kepercayaan diri kita. Itu adalah yin. Meridian perut berjalan di sepanjang sisi depan tubuh dan mengatur gangguan pencernaan. Itu Yang.

  • Meridian jantung dan usus halus.

Meridian jantung membentang di sepanjang dada dan lengan. Ini mengatur gangguan pernapasan serta emosi. Itu adalah yin. Meridian usus kecil membentang di sepanjang lengan ke leher. Ini mengatur masalah leher dan tenggorokan serta kesedihan dan kesedihan. Itu Yang.

  • Meridian paru-paru dan usus besar.

Meridian paru-paru dimulai di perut dan naik melalui paru-paru dan keluar ke lengan. Ketidakseimbangan dapat bermanifestasi sebagai depresi, dan sifatnya yin. Meridian usus besar berjalan di sepanjang lengan ke bawah ke usus besar. Itu mengatur harga diri kita dan bersifat Yang.

  • Perikardium dan meridian san jiao.
BACA JUGA  5 Manfaat Akupuntur Untuk Atlet: Bisa Meningkatkan Performa!

Perikardium adalah kantung kecil di sekitar jantung dan tidak diperlakukan sebagai organ dalam pengobatan Barat. Itu dimulai di tengah dada dan bergerak ke bawah lengan. Ketidakseimbangannya dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk. Sifatnya yin. San jiao, juga dikenal sebagai triple burner, bersifat Yang dan berisi tiga jalur. Hal ini memungkinkan transportasi cairan melalui tubuh. [kg]

 

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...