Coba Akupresur Untuk Pertumbuhan Rambut, Begini Caranya

Berdasarkan penelitan sejumlah ahli, akupresur untuk pertumbuhan rambut telah terbukti efektif. Salah satunya adalah menurut Sandra Chiu, L.Ac., MSTCM , ahli akupuntur, herbalis, dan praktisi pengobatan Tiongkok tradisional yang berbasis di Brooklyn dengan pengalaman hampir 20 tahun. Melansir laman Poosh, ia mengatakan bahwa akupresur bermanfaat untuk rambut dengan merangsang aliran darah di kulit kepala menjadi lebih lancar.

“Stimulasi kulit kepala meningkatkan kelancaran aliran darah ke kulit kepala kita, yang dalam tradisi pengobatan Tiongkok sangat penting untuk kesehatan folikel dan rambut. Di Barat, ketika kita memikirkan rambut yang sehat dan berkilau, kita sering memikirkan produk yang akan menciptakan kilau dan ketebalan. Namun di Asia, ini adalah ciri alami rambut sehat, jadi tujuannya lebih untuk menciptakan kondisi yang menghasilkan rambut sehat. Teknik stimulasi kulit kepala serupa dengan menciptakan kondisi tanah yang lebih baik untuk pertumbuhan yang subur.

Selain itu, Sarah juga membagikan sejumlah tips dan teknik akupresur yang bisa bermanfaat untuk pertumbuhan rambut Anda. Penasaran bagaimana caranya? Silakan simak penjelasan lengkap berikut ini.

1. Gunakan alat stimulasi kulit kepala

Akupresur untuk pertumbuhan rambut bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat seperti gua sha kepala untuk memijat dan merangsang kulit kepala dengan tekanan yang lebih kuat. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, memberikan nutrisi ke folikel rambut, dan memecah stagnasi yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Gerakkan alat secara perlahan melalui kulit kepala dengan gerakan yang lembut dan terarah.

- Advertisement -

2. Pijat kulit kepala

Pijatan kulit kepala dengan jari atau alat pijat merangsang sirkulasi darah dan memperbaiki kesehatan kulit kepala. Gunakan ujung jari Anda untuk membuat gerakan melingkar di sekitar kulit kepala dengan tekanan yang nyaman. Pijatan ini membantu menghilangkan ketegangan, meningkatkan aliran darah, dan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat.

BACA JUGA  Pusat Kebudayaan Tiongkok Ulas Manfaat TCM di Negara Malta

3. Terapkan teknik akupresur

Teknik akupresur untuk pertumbuhan rambut melibatkan penekanan pada titik-titik akupresur tertentu di kulit kepala. Misalnya, Anda dapat menekan titik di belakang telinga atau di dekat pangkal rambut dengan lembut menggunakan jari atau ujung pensil yang tumpul. Ini merangsang energi dan aliran darah yang berhubungan dengan pertumbuhan rambut yang sehat.

Baca juga: 5 Manfaat Akupresur Untuk Kesehatan: Terbukti Secara Ilmiah!

4. Ikuti meridian energi akupuntur

Meridian energi akupuntur adalah jalur energi di tubuh yang terhubung dengan organ dan sistem tertentu. Di kulit kepala, beberapa meridian energi melewati area kulit kepala. Dengan menggunakan jari atau alat, ikuti jalur meridian ini dengan pijatan lembut. Ini membantu mengoptimalkan aliran energi dan meningkatkan kesehatan rambut.

Baca juga: 5 Cara Alami Obati Rematik: Salah Satunya Akupuntur

5. Lakukan secara teratur

Penting untuk melaksanakan teknik-teknik akupresur untuk pertumbuhan rambut ini secara teratur untuk hasil yang optimal. Lakukan sesi akupresur pada kulit kepala dua hingga tiga kali seminggu. Dengan konsistensi, Anda akan melihat peningkatan pertumbuhan rambut, kesehatan kulit kepala, dan manfaat lainnya. Jangan lupa untuk mendengarkan tubuh Anda dan berhenti jika ada ketidaknyamanan atau iritasi.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara kerja akupresur untuk pertumbuhan rambut dan teknik-teknik yang dapat Anda terapkan. Dengan merangsang aliran darah di kulit kepala dan memperbaiki kondisi folikel rambut, akupresur dapat menjadi pilihan yang efektif.

Gunakan alat stimulasi kulit kepala, pijat kulit kepala, terapkan teknik akupresur, ikuti meridian energi akupuntur, dan lakukan secara teratur untuk hasil yang optimal. Dengan konsistensi, Anda dapat merasakan manfaat pertumbuhan rambut yang sehat dan kulit kepala yang lebih baik.

BACA JUGA  5 Peran Akupuntur Tunda Monopouse

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...