5 Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh Kita: Bisa Bikin Cantik!

Berbagai manfaat makanan sehat memiliki peran penting dalam merawat tubuh dan mendukung gaya hidup yang aktif dan bertenaga. Dengan memilih makanan yang bernutrisi seimbang, kita tidak hanya dapat menjaga berat badan ideal, tetapi juga mengurangi risiko penyakit jantung, memperkuat tulang dan gigi, serta menjaga kecantikan kulit.

Selain itu, pola makan sehat dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan memberikan dukungan penting bagi kesehatan otak. Dengan memahami manfaat makanan sehat ini, kita dapat membuat pilihan yang tepat dalam mengatur pola makan harian kita, dan dengan demikian, menjalani kehidupan yang lebih baik, sehat, dan awet muda. Berikut ini kami sajikan penjelasan lengkapnya berdasarkan laman Nutri Lite.

Baca juga: 7 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Jantung: Sederhana dan Murah!

1. Menurunkan dan menjaga berat badan ideal

Menggantikan konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori dengan pilihan buah, sayur, protein rendah lemak, dan biji-bijian akan membantu mengurangi nafsu makan berlebihan dan membuat perasaan kenyang lebih lama.

- Advertisement -

Buah dan sayur kaya akan serat, yang tidak hanya memberikan rasa kenyang, tetapi juga memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi, sehingga membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, protein rendah lemak dan biji-bijian memberikan kebutuhan nutrisi penting tanpa menambahkan banyak kalori ke dalam pola makan.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah yang seimbang dapat berkontribusi dalam melindungi jantung dari penyakit kardiovaskular. Minyak zaitun, misalnya, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat antiinflamasi dan membantu menjaga kesehatan jantung. Sedangkan kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung serat, protein, dan lemak sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA  Diberi nama sandi Med-PaLM 2, Google Kembangkan Teknologi AI untuk Perawatan Kesehatan

3. Menguatkan tulang dan gigi

Diet yang mencukupi kalsium dan magnesium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat, sedangkan magnesium diperlukan untuk penyerapan kalsium yang efektif.

Kombinasi nutrisi ini membantu mencegah osteoporosis dan osteoartritis di masa mendatang. Sumber kalsium yang baik meliputi produk susu rendah lemak, seperti susu dan yoghurt, serta sayuran hijau berdaun seperti brokoli dan kale. Sementara itu, kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond dan wijen, merupakan sumber magnesium yang baik.

4. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat makanan sehat selanjutnya adalah tercukupinya nutrisi pada tubuh yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan. Buah dan sayur mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang membantu melawan kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan keriput pada kulit.

Baca juga: Ini Perbedaan Akupuntur untuk Kesehatan dibandingkan untuk Kecantikan

Asam omega-3, yang ditemukan dalam ikan berlemak dan biji-bijian, membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi peradangan yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Menambahkan makanan ini dalam menu harian dapat memberikan kulit yang sehat, halus, dan tampak awet muda.

5. Mengontrol kadar gula darah

Memilih karbohidrat kompleks sebagai bagian dari pola makan sehat membantu mengontrol kadar gula darah. Karbohidrat kompleks mengandung serat yang membantu melambatkan penyerapan gula ke dalam darah, sehingga mengurangi risiko lonjakan gula darah yang tajam.

Roti gandum, oatmeal, dan beras merah adalah beberapa contoh karbohidrat kompleks yang dapat menjadi pilihan yang baik. Dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil, kita dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA  Berbagi Inspirasi Cegah Stunting, Pemda Beri Pelatihan Akupresur dan Makanan

6. Mendukung kesehatan otak

Manfaat makanan sehat selanjutnya adalah mampu memberikan dukungan bagi fungsi otak yang optimal. Nutrisi tertentu, seperti asam lemak omega-3, vitamin B, dan antioksidan, telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan otak. Ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang baik.

Sementara itu, sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan mengandung vitamin B kompleks yang dapat mendukung fungsi otak yang sehat. Dengan menjaga pola makan yang kaya nutrisi ini, kita dapat meningkatkan kesehatan mental dan menjaga kognisi yang baik dalam jangka panjang.

Dengan memperhatikan manfaat makanan sehat dan mengintegrasikannya ke dalam kebiasaan sehari-hari, kita dapat merasakan perubahan positif yang signifikan pada kesehatan dan kualitas hidup kita. Selain memberikan energi yang cukup untuk aktivitas sehari-hari, makanan sehat juga berperan dalam mencegah berbagai penyakit kronis dan menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Jadi, mari kita cintai buah dan sayur, perbanyak asupan protein, dan pilih makanan dengan warna-warni yang beragam untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan kita. Dengan komitmen untuk makan sehat, kita dapat menjalani kehidupan yang lebih baik, lebih bahagia, dan tetap awet muda sepanjang perjalanan hidup kita.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...