Pengobatan tradisional Cina, akupuntur sudah terkenal di berbagai negara. Pengobatan tradisional ini memiliki sebuah teori-teori yang akhirnya munculah pengobatan akupuntur tersebut. Berikut ini akan dijelaskan mengenai teori dasar akupuntur.

DIDUKUNG OLEH:

Teori Dasar Pengobatan Akupuntur

Pengobatan Cina ini sudah dipraktekkan lebih dari 5000 tahun, terapi ini dilakukan dengan menstimulasi titik-titik anatomi pada tubuh manusia. Saat melakukan terapi biasanya seorang ahli akupuntur akan menggunakan jarum logam yang sangat tipis dan tajam.

Teori tradisional akupuntur adalah Chi, atau energi yang mengalir di dalam tubuh. Energi dalam tubuh ini bisa diseimbangkan atau dimanipulasi yang nantinya bisa menyembuhkan suatu penyakit yang ada di dalam tubuh.

Qi di dalam tubuh disebut sebagai suatu keseimbangan dari dua kekuatan yang berbeda dan tidak dapar dipisahkan. Menurut teori dasar akupuntur, keseimbangan Qi dalam tubuh bisa membuat tubuh menjadi sehat, sebaliknya jika tidak terdapat keseimbangan, Qi atau energi dalam tubuh bisa mengalami penyumbatan yang akhirnya timbullah berbagai macam penyakit.

Teori Yin Yang

Teori Yin Yang dikelompokkan menjadi 2 macam berdasarkan benda dan sifatnya. Kedua kelompok ini selalu menuju keseimbangan.

Kelompok Yin

1. Perempuan
2. Gelap
3. Lemah
4. Dalam
5. Dingin
6. Diam
7. Pasif
8. Negatif

Kelompok Yang

1. Pria
2. Terang
3. Kuat
4. Luar
5. Panas
6. Banyak bicara
7. Aktif
8. Positif

Teori 5 Unsur

Teori dasar akupuntur ini mengelompokkan benda dan sifat menjadi 5 kelompok, yaitu api, tanah, logam, kayu dan air. Siklus dari 5 unsur tersebut adalah membatasi, penindasan, menghidupi, dan penghinaan. Siklus menghidupi dan membatasi tersebut ada pada manusia normal dan seimbang, sedangkan siklus penindasan dan penghinaan ada pada manusia yang tidak sehat.

Adapun sifat-sifat dari setiap unsur adalah :

  • kayu : bertumbuh dan berkembang
  • api : panas
  • tanah : menumbuhkan
  • logam : bersih
  • air : dingin

Teori-teori dasar akupuntur di atas merupakan suatu inti dari pengobatan akupuntur tersebut. Jadi, kesehatan seseorang berfokus pada suatu energi dalam tubuh atau disebut Chi/Qi. Jika energi tersebut tersumbat, maka penyakit pun akan muncul dan pengobatan terfokus pada menormalkan kembali aliran energi dalam tubuh.